(RPP)
MTs / SMP : MTs Ihya’ulumuddin
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Kelas / Smester :
VIII / I
Alokasi
Waktu : 1 x 30 menit (1x Pertemuan)
Standar Kompetensi :
Membaca, Memahami, berbicara dan menulis dalam Qiro’ah tentang المحفوظات dengan struktur kalimat isim, fiil, dan huruf
Membaca, Memahami, berbicara dan menulis dalam Qiro’ah tentang المحفوظات dengan struktur kalimat isim, fiil, dan huruf
Kompetensi
Dasar :
·
Melafalkan
dan membaca nyaring kata, kalimat, dan wacana tulis dengan benar
·
Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar
·
Menangkap
makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara tepat
Indikator :
1.
Dapat
membaca materi Qiro’ah dengan fasih dan intonasi yang baik dan benar.
2.
Dapat
menjelaskan isi wacana yang terdapat dalam Qira’ah
Tujuan
Pembelajaran:
1.
siswa dapat
membaca materi Qiro’ah dengan fasih dan intonasi yang baik dan benar
2.
siswa dapat
menjelaskan isi wacana yang terdapat dalam Qiro’ah
Metode dan
Model Pembelajaran:
Metode yang digunakan adalah Toriqoh
al-mubassyaroh, , Troriqoh al-qowaid wa tarjamah, dan Troriqoh syamiyah
syafahiyah. Adapun pendekatan yang digunakan dalam pembelajaran ini adalah
pendekatan open-ended.
Materi
pembelajaran :
Menulis
Qiro’ah dan memahami mufrodat (kosa kata) di bawah ini :
# قال الامام الشافعى #
سكوت إلى وقيع سوء حفظى، فأرشد نى إلى ترك المعاصى،
فأخبرنى بأن العلم نور، ونور الله لا يهدى للعاصى.
Mengartikan
Mufrodat (Kosa kata)
سوء حفظ : kesulitan dalam
menghafal
المعاصى : Berbuat maksiat
وقيع : Ustad imam syafi;i
أرشدنى : Menunjukkan/membimbing
saya
Menghafal
Mufrodat
سوء حفظ : kesulitan dalam
menghafal
المعاصى : Berbuat maksiat
وقيع : Ustad imam syafi;i
أرشدنى : Menunjukkan/membimbing
saya
Langkah
pembelajaran
NO
|
Langkah-langkah kegiatan
|
Media atau sumber
|
waktu
|
1
|
Pendahuluan
|
10 menit
|
|
|
Pengalaman pribadi
|
||
2
|
Kegiatan inti
|
15
|
|
|
Guru,buku paket.
|
||
3
|
penutup
|
5 menit
|
|
|
Insrumen latihan
|
Alat/Bahan/Sumber
belajar:
Ø Buku paket
Ø Kamus
Demikian contoh dari cara pembuatan RPP sebagai referensi bagi teman-teman yang masih bingung dengan yang bernama RPP, tolong diingat ini hanya contoh selebihnya bisa teman-teman kembangkan lagi karna RPP itu rencana pembelajaran yang akan guru itu sendiri melaksanakannya jadi tetap belajar "Never Old To Learn".
Wassalam,....
0 comments:
Post a Comment