Satuan Pendidikan :
MI MA’ARIF NU 003 SAMARINDA
Kelas/Semester : V/I
Mata
Pelajaran : Bahasa Arab
Tema : Hiwar/percakapan
Pembelajaran Ke :
2
Alokasi
Waktu : 2 Jam
Pelajaran
A. Kompetensi
Inti (KI)
KI-1
|
:
|
Menerima, menjalankan
dan menghargai
ajaran agama
yang dianutnya.
|
KI-2
|
:
|
Menunjukkan perilaku jujur disiplin, tanggung jawab,
santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman,
guru, dan tetangganya serta cinta tanah air.
|
KI-3
|
:
|
Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan
mencoba berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan
dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan
tempat bermain.
|
KI-4
|
:
|
Menyajikan pengetahuan faktual dan konseptual dalam bahasa yang jelas,
sistematis, logis dan kritis dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia
|
B. Kompetensi
Dasar (KD)
1.1 Menerima dan meyakini bahwa kemampuan berbahasa
merupakan anugerah Allah swt.
1.2 Menggunakan kemampuan berbahasa untuk hal-hal yang
baik sebagai wujud syukur atas anugerah Allah swt. tersebut,
2.1. Memotivasi rasa ingin tahu terhadap keberadaan
wujud benda melalui media bahasa Arab
dalam berinteraksi dengan keluarga,
teman, guru dan tetangga.
2.2. Membiasakan perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, dan percaya diri dalam berinteraksi menggunakan bahasa Arab dengan
keluarga, teman, dan guru
3.1. Mengidentifikasi bunyi huruf, kata, frase, dan kalimat sederhana terkait topik: اَلْحِوَار baik secara
lisan maupun tulisan.
3.1.1 menyebutkan bunyi huruf, kata ,
frase yang sederhana secara lisan maupun tulisan
3.1.2 menyusun bunyi huruf,kata,frase
menjadi sebuah kalimat
3.2. Menemukan
makna dari ujaran kata,frase, dan kalimat sederhana terkait topik: اَلْحِوَار
3.2.1 mencari makna dari ujaran kata,frase tentang topik : اَلْحِوَار
3.2.2 menterjemahkan teks : اَلْحِوَار
3.3. Memahami
bentuk kata, frase, dan kalimat sederhana terkait topik: اَلْحِوَار
3.3.1 melafalkan mufrodat tentang : اَلْحِوَار
3.4. Memahami
kata, frase dan kalimat sederhana secara lisan dan tertulis terkait topik: اَلْحِوَار
3.4.1 melafalkan mufrodat tentang : اَلْحِوَار menjadi sebuah kalimat
4.1. Mempraktikkan bunyi huruf, kata,frase, dan kalimat bahasa Arab terkait
topik: اَلْحِوَار
4.1.1
menyebutkan bunyi huruf, kata, frase dan kalimat bahasa arab terkait
topik : اَلْحِوَار
4.2. Menghafalkan makna dari ujaran kata, frase, dan
kalimat bahasa Arab terkait topik: اَلْحِوَار
4.2.1 menyebutkan makna dari ujaran kata,
frase, dan kalimat bahasa Arab terkait topik: اَلْحِوَار
4.3 Mendemonstrasikan
kata, frase, dan kalimat sederhana secara lisan dan tertulis terkait Topik:
اَلْحِوَار
4.3.1 menuliskan teks sederhana tentang topik
اَلْحِوَار dalam berbagai struktur bahasa
sederhana secara tepat
4.4. Menyusun
teks sederhana tentang topik: اَلْحِوَار dalam berbagai struktur bahasa sederhana
secara tepat
4.4.1 Membuat kalimat
sederhana terkait topik اَلْحِوَار
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah mengamati, menanya, mengeksplorasi,
mengasosiasi, dan mengomonikasikan peserta didik mampu :
1. Siswa mampu
menyebutkan bunyi huruf, kata , frase yang sederhana secara lisan maupun
tulisan
2. Siswa mampu menyusun
bunyi huruf,kata,frase menjadi sebuah kalimat
3. Siswa mampu mencari makna dari ujaran kata,frase tentang topik : اَلْحِوَار
4. Siswa mampu menterjemahkan teks : اَلْحِوَار
5. Siswa mampu melafalkan mufrodat tentang :
اَلْحِوَار
6. Siswa mampu melafalkan mufrodat tentang : اَلْحِوَار menjadi
sebuah kalimat
7. Siswa mampu menyebutkan bunyi huruf, kata, frase dan kalimat bahasa arab
terkait topik : اَلْحِوَار
8.
Siswa mampu menyebutkan
makna dari ujaran kata, frase, dan kalimat bahasa
Arab terkait topik: اَلْحِوَار
9.
Siswa mampu menuliskan
teks sederhana tentang topik:
اَلْحِوَار dalam
berbagai struktur bahasa sederhana
secara tepat
10.
siswa mampu Membuat kalimat sederhana terkait topik اَلْحِوَار
D. MATERI PEMBELAJARAN
فَائِزٌ : اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ.
حَسَنٌ : وَعَلَيْكُمُ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ.
فَائِزٌ : يَا حَسَنٌ، اُنْظُرْ إِلَى هُنَاكَ! ذٰلِكَ بَيْتِيْ.
حَسَنٌ : بَيْتُكَ جَمِيْلٌ، يَا فَائِزٌ، هَلْ فِيْ بَيْتِكَ غُرْفَةُ الْجُلُوْسِ؟
فَائِزٌ : نَعَمْ، فِيْ بَيْتِيْ غُرْفَةُ الْجُلُوْسِ.
حَسَنٌ : مَاذَا فِيْ غُرْفَةِ الْجُلُوْسِ؟
فَائِزٌ : فِيْ غُرْفَةِ الْجُلُوْسِ مَكْتَبٌ جَدِيْدٌ وَكُرْسِيٌّ وَتِلْفَازٌ وَغَيْرُهَا.
حَسَنٌ : هَل عِنْدَكَ جَرِيْدَةٌ جَدِيْدَةٌ و مَجَلَّةٌ لِلْأَطْفَالِ، يَا فَائِزٌ؟
فَائِزٌ : نَعَمْ، عِنْدِيْ جَرِيْدَةٌ جَدِيْدَةٌ وَ مَجَلَّةٌ لِلْأَطْفَالِ.
حَسَنٌ : شُكْرًا، إِلَى اللِّقَاءِ.
فَائِزٌ : عَفْوًا، مَعَ السَّلَامَةِ.
E. METODE
PEMBELAJARAN
1. Jahriyah/Membaca Keras
2. Diskusi
3. Presentasi
F. PROSES
PEMBELAJARAN
Kegiatan
|
Deskripsi
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
Pendahuluan
|
Ø Guru memberikan salam dan mengajak semua siswa berdo’a
dengan
tertib.
Ø Guru
mengecek kesiapan diri dengan mengisi lembar kehadiran dan memeriksa kerapihan
pakaian, posisi dan tempat duduk disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran.
Ø
Menginformasikan tema yang
akan dibelajarkan yaitu tentang اَلْحِوَار
Ø Guru menyampaikan tahapan
kegiatan pembelajaran yang harus dicapai dan
menyimpulkan.
Ø Memotivasi dan mengajak semua siswa untuk aktif dalam
kegiatan pembelajaran.
|
10
menit
|
Inti
|
Ø Mengamati
Ø Peserta didik megamati gambar tentang topik اَلْحِوَار
Ø Guru mengajarkan kosa kata melalui
pengamatan gambar yang tersedia di buku
Ø Guru menjelaskan arti kata dengan
memberikan contohh fisik, seperti gambar, atau benda-benda sekitar atau alat
peraga yang tersedia.
Ø Peserta didik menyimak penjelasan guru tentang
qira’ah dengan topik اَلْحِوَار
Ø Guru dan peserta didik mencocokkan
gambar dengan apa yan di dengar.
Ø Peserta didik membaca tentang qira’ah dengan topik
اَلْحِوَار
Ø Menanya
Ø Guru dan peserta didik melakukan tanya jawab
sederhana tentang topik اَلْحِوَار
Ø Guru memastikan peserta didik
memahami arti kata melalui gambar yaitu dengan menanyakan peserta didik
apakah mereka benar-benar memahami makna ungkapan-ungkapan terkait topik.
Ø Guru menjawab pertanyaan lisan yang diajukan oleh
peserta didik sesuai topik اَلْحِوَار
Ø Mengeksplorasi
Ø Melafalkan mufradat topik اَلْحِوَار dengan kalimat yang sesuai dengan yang
di perdengarkan melalui pengucapan guru
Ø
Membaca
perindividu dengan suara nyaring dan jelas.
Ø
Mengasosiasi
Ø Menemukan makna dalam teks sesuai
topik اَلْحِوَار
Ø
Mengkomunikasikan
Ø
Guru
mengajak peserta didik untuk mempraktikkan langsung menggunakan ungkapan yang
telah tersedia.
|
45
menit
|
Penutup
|
Ø
Bersama-sama siswa membuat kesimpulan pembelajaran
Ø
Melaksanakan
penilaian dan refleksi dengan mengajukan pertanyaan atau tanggapan peserta
didik dari kegiatan yang telah dilakukan sebagai bahan masukan untuk
perbaikan langkah selanjutnya.
Ø
Melakukan penilaian hasil belajar
Ø
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikut nya.
Ø
Mengajak semua siswa berdo’a (untuk mengakhiri kegiatan pembelajaran)
Ø Mengucapkan salam.
|
15
menit
|
G. MEDIA,
ALAT BAHAN,SUMBER PEMBELAJARAN
1. Laptop. LCD dan papan tulis
2. Kertas Bergambar
3. Sumber belajar buku bahasa arab
kelas V
H. PENILAIAN PROSES DAN HASIL BELAJAR
1. Penilaian
sikap
No
|
Nama Siswa
|
Perubahan Tingkah Laku
|
|||||||||||
Percaya Diri
|
Disiplin
|
Bekerjasama
|
|||||||||||
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
BT
|
MT
|
MB
|
SM
|
||
1
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
BT
: Belum
Terlihat
MT : Mulai
Terlihat
MB : Mulai
Berkembang
SM : Sudah
Membudaya
Berilah tanda centang (P)
pada kolom yang sesuai
Mengetahui
Kepala
Madrasah,
|
|
...............,........,............
Guru Bidang Study,
|
0 comments:
Post a Comment